Categories Hindu

SENATOR WEDAKARNA YAKINKAN KUALITAS TERNAK BALI PALING UNGGUL

Senator DPD RI Dr. Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna MWS III Bersama Pengurus Paguyuban Peternak Itik Bali Dari Seluruh Bali di Kantor DPD RI Bali

PERESMIAN PAGUYUBAN PETERNAK ITIK BALI DI KANTOR DPD RI

Gerakan Satyagraha Bali menjalar ke peternakan di Bali dengan direstuinya peresmian Paguyuban   Pertenak Itik Bali ( PPIB ) oleh Anggota DPD RI, Dr. Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna MWS III di Kantor DPD RI Provinsi Bali. Disaksikan oleh Kepala Dinas Peternakan Provinsi Bali, Jero Bendesa Agung MUDP, PHDI Bali serta dihadapan Dinas Peternakan, Dinas Kesehatan Se – Bali, Senator RI Gusti Wedakarna menyampaikan maksud dan tujuan dari peresmian PPIB adalah menindaklanjuti audiensi perternak itik kehadapan dirinya saat di Istana Mancawarna Tampaksiring. ” Komite III DPD RI yang membidangi kesejahteraan rakyat menerima aspirasi bahwa saat ini peternak itik sedang menghadapi sejumlah masalah dan tantangan, diantaranya adanya dugaan persaingan tidak sehat dilapangan khususnya tentang masuknya ternak itik secara ilegal termasuk juga adanya daging beku yang masuk Bali yang dapat menguncang harga bebek perternak Bali, ini yang harus ditanggulangi segera baik dengan pemkab pemkot, otorita pelabuhan, aparat keamanan dan juga asosiasi pasar termasuk PPBI yang kita resmikan hari ini. Ini salah satu Bali yang kita urai. ” Ungkap Gusti Wedakarna. Ia menambahkan bahwa pentingnya organisasi untuk menyatukan persepsi para peternak tentang tantangan yang ada di Bali dan Senator Wedakarna memastikan bahwa kualitas bahan pangan yang dkelola oleh orang Hindu Bali memiliki kualitas kelas A mengingat orang Bali dipastikan melakukan pertenakan dan pertanian secara jujur. ” Di Indonesia ini hanya Bali yang punya Tumpek Uye / Kandang untuk hewan dan Tumpek Wariga untuk tanaman. Dan dalam pemeliharaan binatang misalnya, para peternak melakukan proses ya secara sukla ( suci ). Maka dari itu kedepan persatuan krama Bali akan produk lokal dan militansi pada produk sukla ini harus ditingkatkan. Dan sebenarnya itu kelebihan peternakan dari Bali.
” Ungkap Gusti Wedakarna. Kedepan ia meminta selain upaya preventif by system untuk melindungi peternak oleh aparat dan pemerintah, tapi sikap mulat sarira atau peningkatan kualitas peternakan oleh peternak di Bali harus terus ditentukan. ” Saya senang mendapat laporan kemarin ada penggerebekan akan daging ilegal di pelabuhan di Bali. Ini merupakan prestasi di Bali. Dan saya minta semua bekerja keras. Saya minta aparat di pelabuhan – pelabuhan untuk bekerja dengan jujur dan stop jika ada hasil ternak ilegal dan melanggar aturan masuk Bali. Selain itu saya minta desa adat di Bali memberikan sanksi kasepekang jika ada tempat ilegal beroperasi diwilayahnya. Yang penting masyarakat jangan anarkis ” ungkap Gusti Wedakarna. ” Saya juga minta dengan kejadian ini semua pihak instropeksi diri. Peternak Bali agar selalu menomersatukan kualitas dan jika sudah kualitasnya baik maka pasti peternak akan dicari oleh pengusaha makanan. Hukum ekonomi berjalan terkait kualitas. Disatu sisi masyarakat Bali harus mulai militan terhadap produk – produk lokal. Mari bantu ekonomi petani dan peternak kita. Ini satyagraha yang sesungguhnya “ungkap Senator Gusti Wedakarna. Usai diresmikan, Senator Gusti Wedakarna meminta agar pemprov pemkab/ pemkot secara aktif bisa melibatkan organisasi peternak itik ini untuk berkoordinasi dan juga pembinaan termasuk anggaran.( Humas )

 

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *