Categories BudayaHinduSatyagraha

WEDAKARNA SERAHKAN 16TH HIINDU MUDA AWARD 2018 KE 11 TOKOH DAN LEMBAGA HINDU

SATYAGRAHA – Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna MWS III Bersama Peraih HMA 2018 dan OAH 2018 di Istana Mancawarna Tampaksiring

UNDANG JUARA OLIMPIADE AGAMA HINDU DI ISTANA MANCAWARNA

Konsistensi dari Forum Intelektual Muda Hindu Dharma ( FIMHD ) terhadap kegiatan Hindu Muda Award patut dipuji. Sejak pertama kali diserahkan pada tahun 2002, hingga kini sudah 16 tahun penghargaan ini berjaya. Atas gagasan Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna Mahendradatta Wedasteraputra Suyasa III, sejumlah tokoh Hindu di Indonesia diganjar penghargaan atas dedikasi mereka terhadap siar agama Hindu Dharma di Nusantara. Dan harapan agar tokoh Hindu di Indonesia bisa menjadi teladan bagi kaum milenial disampaikan oleh Dr Arya Wedakarna di Istana Mancawarna  Tampaksiring. “Hindu Muda Award hingga saat ini adalah satu satunya penghargaan dengan nama Hindu sejak awal reformasi. Saat ditahun 2002, ketika kami dan kawan kawan menjadi pendiri dari FIMHD, kami ingin ada sosok pahlawan yang bisa digugu oleh umat Hindu Indonesia khususnya kaum muda. Jiwa kepahlawanan itu perlu agar perjuangan membangkitkan agama Hindu khususnya dikalangan muda ini berhasil. Dan tentu tantangan umat Hindu 16 tahun lalu dengan saat ini tentu berbeda, dan saat ini jauh lebih kompleks termasuk melawan gerakan radikalisme berkedok politik, ekonomi, budaya, ormas dan pendidikan. Dan disini peran  tokoh Hindu untuk menjadi teladan “ungkap Gusti Wedakarna.  Iapun berharap kedepan, semakin banyak tokoh Hindu dan lembaga Hindu yang muncul kepermukaan, dan dapat ditiru oleh generasi muda Hindu. “Pahlawan Hindu harus dimunculkan setiap zaman. Ini penting, karena dengan adanya pahlawan maka anak muda Hindu akan terninspirasi. Apalagi saat ini adalah zaman digital, dengan mudahnya anak muda Hindu mengakses pahlawannya. Dan terimakasih kepada kawan kawan di The Hindu Center Of Indonesia dan FIMHD yang telah dengan konsisten mempertahankan hal ini. “ungkap Gusti Wedakarna yang alumni Tri Sakti Jakarta ini. Adapun peraih Hindu Muda Award 2018 yakni Ida Pandita Mpu Nabe Sri Rastra Jaya Wiguna ( Tokoh Brahmana Hindu ), Mr. Manohar Puri  ( Tokoh Internasional Hindu ), SMK Pariwisata Dalung ( Prada ), I Gede Suta Bayu Bagas Karayana ( Tokoh Seni Hindu ), Prof. I Ketut Subagiasta ( Tokoh Intelektual Hindu ), Dr. Ir. Alit Artha Wiguna ( Tokoh Ekonomi Hindu ), I Ketut Wiadnyana ( Tokoh Petani Hindu ), Acarya Vibhakarananda Avadhuta ( Tokoh Ashram Hindu ), Agung Widiastuti ( Tokoh Perempuan Hindu ), Dewa Agung Christo Suganda Putra, S. Sos ( Tokoh Pemuda Hindu ), Made Sudarsana ( Tokoh Pembaharu Hindu )

Selain itu juga diserahkan penghargaan Olimpiade Agama Hindu yakni Tingkat SMP : Ni Ketut Metri Suarmini ( SMP Negeri 2 Kubutambahan ), Putu Yogi Pradhyana Putra ( SMP Nasional Denpasar  ), Ni Kadek Alya Prishanti P.S ( SMP Negeri 2 Kubutambahan ), Ni Made Lindya Arsani ( SMP Negeri 12 Denpasar ), Anak Agung Indah Swandewi ( SMP Negeri 1 Banjarangkan ), Ni Kadek Ari Cahyani ( SMP Negeri 3 Banjarangkan ) dan Tingkat SMA yakni Putu Ayu Kristina Dewi ( SMA Pariwisata PGRI Dawan ) , Ni Putu Putri Mahallisni ( SMA Negeri 4 Singaraja  ), I Putu Jenny Natasia ( SMA Negeri 6 Denpasar ), I Made Yudi Artana ( SMK Negeri 1 Negara ), Gusti Made Karmyani M. ( SMA Negeri 4 Singaraja ), I Komang Wahyu Buana ( SMA Negeri 1 Tampaksiring ) ( humas )

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *