Categories BudayaHinduSatyagraha

WEDAKARNA MINTA SISWA BANGUN SDM RAMBAH KOMPETISI GLOBAL

Foto – Dr. Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna MWS III Saat Kunjungan ke SMA /SMK Di Jembrana

SENATOR DPD RI ADAKAN SIDAK KESEJUMLAH SMA/SMK DI JEMBRANA

Senator Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Perwakilan Bali, Dr. Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna MWS III, adakan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke SMA N 2 Negara usai dirinya melakukan sejumlah kunjungan sekolah keberbagai kecamatan di Kabupaten Jembrana diantaranya SMA N 1 Mendoyo, SMA N 1 Negara, SMK PGRI 2 Negara dalam rangka memeriksa sejumlah sarana prasarana dan perkembangan penyelenggaran pendidikan Kabupaten Jembrana. Kedatangan Dr. Wedakarna disambut baik oleh Kepala Sekolah dan sejumlah guru yang turut mendampingi.
Melalui I Kt Ngurah Suka Darmasada, iya menyampaikan terima kasih atas kunjungan yang dilakukan oleh DR. Arya Wedakarna, ia berharap dengan kehadiran Dr. Wedakarna nantinya dapat menjadikan motivasi bagi para peserta didik dan evaluasi sekolah dalam upaya meningkatkan layanan penyelenggaraan pendidikan. Dalam kunjungannya Wedakarna meninjau sejumlah kantin dan memeriksa laboratorium yang digunakan untuk melakukan simulasi UN oleh para siswa. Dr Wedakarna mengaku “ bahwa dalam melaksanakan penyelenggaraan pendidikan, tentu hal yang harus dimiliki oleh sebuah sekolah adalah keunggulan potensial sarana prasarana yang nantinya guna menunjang para peserta didik meningkatkan karakter dan kemampuan SDMnya. Ia juga menilai jika beberapa infrastruktur kelas yang dimliki dan digunakan SMA N 2 Negara dalam pelaksanaan proses belajar dan mengajar menurutnya sudah cukup baik dan layak. Tentu sebagai seklah yang memiliki prestasi SMA N 2 kiranya harus sering melakukan evaluasi rutin untuk dapat meningkatkan predikat tersebut agar lebih baik. ” Kata Wedakarna
Tidak hanya itu, Wedakarna juga menyempatkan diri untuk melihat beberapa ruangan kelas guna memantau langsung proses belajar mengajar dan memberikan motivasi langsung kepada siswa. Ia juga memesankan agar para siswa mulailah untuk mendesain hidup kedepan dengan Jenana Yadna sebagai modal berhadapan di pasar kompetisi bebas guna merebut lapangan perkerjaan sektor formal terlebih lagi menjelang Ujian Nasional tahun ini, tentunya UN kali ini akan pasti berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Apalagi dengan sistem yang berbeda dengan berbagai pembaruan dan penyempurnaan atas standarisasi sistem pendidikan saat ini. Salah satunya ialah sistem UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) yang memiliki relevansi dan diperuntukan guna meminimalisir tingkat kecurangan dalam ujian nasional seperti tahun-tahun sebelumnya. Selain itu penerapan sistem UNBK tersebut juga merupakan sebuah cara dalam mengefisiensikan belanja Negara dalam hal pengadaan kertas soal dan jawaban pada ujian nasional yang dulunya cukup menguras anggaran pemerintah pusat. Dan saya minta untuk seluruh siswa siswi yang hadir maupun yang tidak hadir pada hari ini agar mulai serius serta berkonsentrasi penuh agar nantinya mencapai hasil maksimal dengan predikat nilai terbaik dan diatas rata-rata.
Sebelum meninggalkan sekolah, Wedakarna juga membahas terkait kondisi karakter generasi muda saat ini yang cenderung hedonis dan memiliki gaya hidup negatif dalam pergaulan sosialnya, sehingga saat ini Bali merupakan salah satu daerah yang rentan dan sensitif akan permasalahan tersebut. Sebagai wakil Bali tentu dirinya sangat berkepentingan untuk mendukung penuh atas diterapkannya pendidikan karakter bagi para siswa guna pembentukan karakter yang memberikan dampak positif terhadap perkembangan emosional, spiritualitas, dan kepribadian siswa dalam bangunan jati diri mereka. (humas)

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *