Categories Hindu

WEDAKARNA INGATKAN PEMDA TINGKATKAN INFRASTRUKTUR SEKOLAH DORONG KUALITAS DAYA SAING SDM

FOTO – Senator Wedakarna Bersama Siswa dan Guru Saat Adakan Sidak Kesejumlah Sekolah di Kabupaten Gianyar

SENATOR RI SIDAK SEJUMLAH SMA/SMK DIGIANYAR

Anggota DPD RI Perwakilan Bali Dr. Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna MWS kembali lakukan sidak kesejumlah SMA/SMK di Bali, usai dirinya mendatangi SMA/SMK di Bali Utara, kali ini dirinya mulai menyeser sejumlah sekolah di Kawasan Bali Tengah salah satunya Kabupaten Gianyar. Sidak dilakukan dimulai dari SMA N 1 Blahbatuh, SMK PGRI Blahbatuh serta SMK Saraswati Sukawati. Kegiatan tersebut, merupakan serangkaian dari agenda masa reses didaerah pemilihan guna mengawasi dan menginventarisasi kebutuhan daerah yang nantinya bertujuan ddalam rangka optimalisasi percepatan pembangunan didaerah. Dalam kunjungan Wedakarna diterima dengan baik. Tidak hanya jajaran guru, bahkan para siswa ikut serta untuk menyapa dan menyambut kehadiran dirinya. Sejumlah hal turut dilakukan dalam agenda tersebut, mulai dari meninjau infrastruktur gedung, parkir, laboratorium,perpustakaan siswa, ruang kelas siswa, hingga kantin siswa. Ia juga mendengar sejumlah aspirasi para guru terkait dengan kondisi sekolah salah satunya terkait dengan meningkatnya kebutuhan sekolah dalam hal sarana prasarana sebagai salah satu pendukung upaya bagi pengembangan siswa.
Menanggapi hal itu, Wedakarna menyampaikan apresiasi kepada pihak sekolah, terkait dengan kondusifitas disekolah. Terkait dengan kebutuhan sekolah, dirinya menyampaikan perlu adanya komunikasi baik yang harus dilakukan pihak sekolah secara berkelanjutan untuk menyampaikan permasalahan tersebut kepada pemerintah sebagai eksekutor kebijakan publik. Menurutnya, infrastruktur merupakan salah satu sentral dalam pelaksanaan proses belajar mengajar disekolah yang nantinya berpengaruh positif sebagai daya tarik dan memajukan kualitas peserta didiknya. selain lebih giat dalam belajar, tentu dengan infrastruktur sekolah yang memadai juga dapat membuat pembelajaran menjadi lebih mudah dimengerti sehingga akan mengerucut pada kualitas siswa itu sendiri. Namun, kenyataannya dilihat dari kondisi dilapangan saat ini, masih ada sekat perbandingan kualitas sekolah kota dengan sekolah pedesaan, yang mana sejatinya keadaan sekolah dibeberapa desa masih ada yang dalam keadaan semraut sehingga mengakibatkan dampak yang kurang baik untuk memaksimalkan kemajuan siswa.
“ Saya rasa terkait dengan anggaran bantuan untuk operasional serta pengembangan infrastruktur sekolah sudah ditetapkan dan digelontorkan dengan persentase nominal anggaran yang cukup besar. Tentu, pihak sekolah harus rajin melaporkan kemajuan dan perkembangan sekolah secara rutin kepada pemerintah daerah agar nantinya pemda dapat melihat dan menginventarisasi bantuan yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap sekolah. Jika tidak ada respon agar segera sampaikan kekantor kami di DPD RI Perwakilan Bali, tentu kita akan melakukan upaya lain untuk mempertegas keberadaan anggaran operasional tersebut. intinya dari sekolah matur dan lebih aktif saja untuk membangun komunikasi, Saya yakin pemerintah daerah tentu akan bertindak secara koperatif dan aktif, apalagi saat ini Bali memang harus fokus didalam membangun dunia pendidikan. ” Kata Wedakarna. Disela-sela kunjungannya Dr. Wedakarna juga menyempatkan diri untuk menyapa dan betatap muka dengan para siswa sekaligus memberikan sedikit motivasi. Ia juga meminta agar kedepan lulusan-lulusan SMA/SMK di Gianyar harus menjadi orang-orang yang berkualitas sebagai garda terdepan Bali sehingga nantinya dapat berkontribusi bagi pembangunan Bali kedepannya. (Hms)

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *