Categories BudayaHinduSatyagraha

WEDAKARNA MINTA ANAK MUDA BALI JENGAH DEMI BALI BERDAULAT

FOTO – Dr. Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna MWS III Saat Kunjungan ke Sma N 1 Gianyar Dan Smk N 1 Gianyar

SENATOR DPD RI ADAKAN SIDAK KE SMA N 1 GIANYAR DAN SMK N 1 GIANYAR

Anggota DPD RI Perwakilan Bali Dr. Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna MWS kembali lakukan sidak kesejumlah SMA/SMK di Kabupaten Gianyar, usai dirinya mendatangi SMA/SMK di kawasan Sukawati dan Blahbatu, kali ini dirinya mulai menyeser sejumlah sekolah di Kawasan Kota Gianyar. Hal demikian dapa dilihat saat dirinya mengunjungi SMA N 1 Gianyar dan SMK N 1 Gianyar. Dalam kunjungannya tersebut, Sejumlah hal yang merupakan bagian dari agenda masa reses didaerah pemilihan guna mengevalusasi sejumlah akses layanan pendidikan sebagai kerangka strategis dalam optimalisasi pembangunan SDM didaerah.Kedatangan Wedakarna sontak membuat pihak sekolah kaget, hal itu dapat dilihat saat kedatangan Senator muda itu mendapatkan perhatian positif oleh para guru dan siswa yang menyambut kedatangannya dengan antusiaisme.Didampingi pihak sekolah, Wedakarna meninjau sejumlah fasilitas sekolah berserta meninjau suasana belajar mengajar disejumlah ruangan kelas.
Pada kesempatan tersebut, wedakarna menyempatkan diri untuk bertatap muka dengan para siswa dan menyampaikan sejumlah hal yang nantinya menjadi motivasi bagi siswa bagaimana kedepan dapat mengambil peran strategis sebagai pemuda khususnya di Bali yang berkontribusi dalam pembangunan kedepannya. Lebih lanjut, Ia menyampaikan jika Bali saat ini sangat membutuhkan cukup banyak SDM untuk bisa membangun seluruh sektor yang ada di Bali,dan hal ini dapat dijawab oleh seluruh generasi muda Bali. Akan tetapi melihat dengan globalisasi dan modernisasi, tentu banyak tantangan yang harus dihadapi oleh generasi muda sebagai kalangan milenial salah satunya bagaimana mengentaskan permasalahan karakter ditengah-tengah anak muda kita.
“ Memang tidak semua anak muda kita yang memiliki karakter buruk, apalagi sebagai warih Bali, sudah pasti anak muda kita adalah generasi cerdas yang sangat jauh berbeda dengan generasi muda lainnya. Akan tetapi tidak bisa dipungkiri, nyatanya beberapa daerah masih banyak ditemukan generasi muda kita yang masih memiliki karakter negatif seperti sikap belog ajum, jele iri hati jika semetonnya maju, pakrimik, tidak percaya diri yang sangat sulit dihilangkan dan hal itu sangat jauh dan berbanding terbalik dengan karakter asli sebagai warih Bali yang sebenarnya memiliki karakter yang cerdas, suci, baik dan jujur. Tentu permasalahan ini menjadi tantangan bagi kita , Saya minta agar kedepan generasi muda Bali tidak boleh pragmatis. Sebagai bagian dari masyarakat adat Bali yang juga bagian dari kalangan muda, tentu saya berkepentingan bagaimana seluruh anak muda Bali konsisten dan aktif menggaungi Bali dengan rentetan hal-hal positif yang tentu bermanfaat guna menambah kebersatuan generasi muda sebagai simbol kekuatan Bali.” Kata Wedakarna yang juga pernah mendapatkan gelar MURI sebagai doktor termuda di Indonesia “Saya minta untuk anak muda jengah dan mulailah belajar untuk menjadi orang-orang yang berkualitas dan memiliki jutaan prestasi sebagai ujung tombak dari perjuangan pembangunan Bali kedepan. Namun semangat tidaklah cukup, perlu jnana yadnya dan jnana yadnya itu didapat dengan sekolah hinga melanjutkan kebangku pendidikan tinggi. Berpendidikan tinggi itu untuk semua kalangan, bukan hanya yang mampu, bagi yang kurang mampu bisa sambil bekerja karena untuk mencapai sesuatu itu membutuhkan proses. Dengan berpendidikan dan berwawasan luas maka Bali akan ajeg. (Hms)

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *